Selasa, 28 Februari 2017

Ingin Membuat Blog? Ini 4 Tips Jitu Untuk Menjadi Blogger Yang Baik


Blog masih menjadi salah satu media ataupun sarana seseorang dalam menuangkan karya-karyanya disamping maraknya media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan yang sekarang sedang hits adalah YouTube, di mana kebanyakan orang-orang membuat Video LOG atau VLOG. Sebenarnya kalau kamu cermati, blog yang memang sudah ada sejak lama masih memiliki keunggulan dengan media-media lainnya. Kamu ambil contoh, dalam blog kamu dapat membuat konten yang isinya bisa lebih deskriptif dibandingkan dengan media-media lainnya, sebut saja faceboook, eh *o* nya kebanyakan...hehee,,whatever, sebut saja facebook, dalam facebook, kamu hanya bisa mengkombinasikan media seperti teks dengan gambar saja, lain halnya dengan blog. Di dalam blog kamu dapat mengkombinasikan beberapa media dalam satu waktu. Oleh karena itu, blog bisa dibilang lebih deskriptif dalam penyampaian informasi dibandingkan dengan yang lainnya.

Untuk menjadi seorang blogger yang baik tentunya terdapat beberapa tips yang harus kamu pahami bersama, berikut adalah 5 Tips Jitu Untuk Menjadi Blogger Yang  Baik:

A post shared by Muhammad Fiqih Al farouq (@fiqihpunya) on

1.  Mulailah Dengan Niat

Pertama kali yang sering dirasakan oleh kebanyakan orang dalam membuat sebuah blog adalah rasa malas untuk ‘memulai’. Maka mulai dari sekarang niatkanlah hati kamu jika kamu benar-benar ingin membuat blog.

2. Pilih Satu Tema Saja Untuk Blog Anda

Pastikan sebelum kamu membuat sebuah blog, kamu sudah memiliki tema untuk blog yang akan kamu buat nantinya. Jangan sampai pada saat kamu sudah memiliki sebuah blog, kamu masih belum memikirkan tema blog kamu sehingga itu biasanya akan membingungkan pada saatnya nanti kamu menulis artikel di blog kamu dan biasanya ujung-ujungnya kamu malah menulis apapun dengan tanpa tema dan struktur yang jelas sebelumnya. Biasanya tema yang baik itu berangkat dari hobi, misalnya saja kamu hobi dalam memasak, tentu saja hal-hal yang harus kamu tulis dalam blog kamu erat kaitannya dengan masak memasak. Maka dari itu, pilihlah tema terlebih dahulu sebelum kamu membuat sebuah blog.

3. Buatlah Konten Yang Berkualitas

Konten merupakan sesuatu yang penting dalam sebuah blog, tanpa konten maka untuk apa kita membuat blog?hehe,, intinya konten itu bisa dibilang juga sebagai intisarinya dalam sebuah blog. Maka dari itu, buatlah konten semenarik mungkin dan seunik mungkin sehingga akan menarik minat para pembaca di blog kamu. Jika kamu asal-asalan membuat konten apalagi sampai copas sana copas sini maka akan membuat kualitas konten kamu menjadi kurang baik atau bisa dibilang buruk.

4. Konsisten Dalam Membuat Konten

Adakalanya seorang blogger mengalami rasa jenuh dalam membuat konten atau artikel di blognya. Itu merupakan hal yang sangat wajar karena apapun pekerjaannya, rasa jenuh pasti akan menghampiri semua orang. Yang dibutuhkan di sini adalah bagaimana caranya supaya kamu masih bisa membuat konten yang baik walaupun sedang tidak dalam mood-nya. Mungkin setiap orang memiliki cara masing-masing dalam mengatasinya, salah satu contohnya adalah dengan menjadwal konten yang akan kamu posting. Jadi pada saat kamu dalam kondisi baik untuk membuat konten, bisa saja kamu membuat lebih dari satu konten untuk nantinya kamu bisa posting disaat kamu merasa tidak dalam kondisi baik untuk membuatnya.

Nah, itulah 4 tips jitu untuk menjadi blogger yang baik yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi semuanya. Jika ada pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar.

1 komentar: